Mengapa bebek bisa berjalan di tanah yang lunak sementara ayam tidak?jawabnya karena luas permukaan kaki bebek lebih besar dari ayam. Luasnya permukaan kaki bebek tersebut mengakibatkan tekanan yang diberikan ke tanah lebih kecil ketimbang ayam.

dalam fisika, konsep tekanan (preassure) didefinisikan sebagaigayategak lurus permukaan dibagi luas permukaan yang dikenaigaya. Semakin besargayayang diberikan terhadap suatu permukaan, semakin besar tekanan yang diterima. Sedangkan bila luas permukaan diperluas, maka tekanan akan semakin kecil. Dalam hal ini,gayapada hakikatnya adalah gangguan yang diterima oleh sebuah benda dari luar, sedangkan luas terkait dengan karakteristik benda tersebut dan merupakan perkalian antara panjang dan lebar.

Preassure memiliki kesamaan arti dengan stress, yang dalam pengertian sehari-hari terkait dengan tingkat tekanan yang dialami oleh seseorang akibat pengaruh lingkungan. Dari sini kita dapat ambil analogi bahwa stress seseorang dapat dipandang sebagai perbandingan antara gangguan luar dibagi dengan “luas”. lalu, apa makna “luas” di sini? kebesaran jiwa dapat kita analogikan dengan “luas” yang dimaksud. artinya semakin besar jiwa seseorang, maka semakin kecil stress yang dialami. Jika luas dalam fisika merupakan perkalian antara panjang dan luas, maka kebesaran jiwa dapat dipandang sebagai perkalian antara SABAR dan SYUKUR?

Alam (tempat terdapatnya ayat-ayat kauniyah) telah mengajarkan kepada kita bahwa dengan sabar dan syukur maka kita dapat mengatur level stress masing-masing. Jika bebek dengan kakinya yang luas dapat menapaki tanah lunak yang relatif sulit dilalui, maka manusia dengan kebesaran jiwanya (sabar x syukur) tentu dapat mengarungi kehidupan yang sulit…wallahu’alam.

Dr. Husin Alatas

Lektor Kepala & Kepala Bagian Fisika Teori pada Departemen Fisika, FMIPA-Institut Pertanian Bogor.

Foto by Alan Cleaver