Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) kembali menambah jumlah Guru Besarnya dengan mengukuhkan Prof. Dr. Ir. Muhammad Idrus Alhamid sebagai Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Teknik Pendingin dan Tata Udara. Upacara pengukuhan dipimpin oleh Rektor UI Prof. Dr. Muhammad Anis, M.Met pada Rabu 15 Januari 2014 Balai Sidang UI kampus Depok.

Prof. Muhammad Idrus Alhamid menyampaikan pidato pengukuhan berjudul “Solar Thermal Cooling System, Upaya Pengurangan Polusi Udara dan Penghematan Energi”. Selama ini masyarakat telah memanfaatkan energi matahari (solar energy) sebagai sumber listrik atau panas (kalor, heat).

Berbeda dengan hal tersebut, Prof. Idrus mengangkat penelitian mengenai pemanfaatan solar energy untuk sistem pendinginan. Masyarakat populer menikmati pendingin dengan menggunakan sistem kompresi uap (vapour compression) seperti yang digunakan pada Air Conditioner (AC) split, AC window dan kulkas. Padahal ada cara lain yang dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan yakni menggunakan panas sebagai energi utamanya – yang dinamakan Solar Thermal Cooling System (STCS).

Pilot project STCS telah dijalankan di Laboratorium Teknik Pendingin dan Tata Udara FTUI melalui DRPM UI (Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat) yang  merupakan penerapan STCS pertama di Indonesia. Manfaat yang dihasilkan pada pemanfaatan STCS diantaranya mampu mereduksi CO2 dan polusi udara akibat penggunaan Absorption  Chiller serta mencegah terjadinya perusakan lingkungan atau meluasnya lubang ozon atmosfer bumi.

Sumber: di sini