Jember- Sebagai ormas yang sudah berusia 90 tahun, Rabithah Alawiyah terus dituntut bertanggung jawab membangun ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarat. Hal tersebut disampaikan Ketua DPP Rabithah Alawiyah Habib Zen bin Sumaith saat berkunjung ke Jember, (1/7).

“Orangtua kita telah berjuang memperjuangkan kemerdekaan NKRI, kini menjadi tugas kita, mengisi kemerdekaan dengan membangun bangsa ini,” ujarnya.

Sebelumnya dalam rapat kerja dengan DPC Rabithah Alawiyah se-Tapal Kuda di Bondowoso, Habib Zen meminta seluruh DPC untuk terus bergerak di bidang ekonomi dan sosial membantu masyarakat.

“Memasuki 90 tahun usia organisasi kita, harus terus kita warnai dengan kegiatan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, Habib mengingatkan pentingnya menjadikan akhlak sebagai benteng pertahanan terbaik manusia.

Dalam kunjungannya ke Jember, Habib Zen yang didampingi Habib Abdurahman Basurrah dan sejumlah pengurus DPP, meninjau proyek pembangunan Gedung Rabithah Alawiyah Jember di jalan Sunan Bonang Talangsari. Mereka disambut Ketua Rabithah Jember Habib Hasan Alkaff bersama jajaran pengurus.

“Kunjungan Ketua DPP Rabithah Alawiyah menambah amunisi semangat kami pengurus di daerah,” ujar Habib Hasan Alkaff.

Dalam sambutannya, Habib Zen mengapresiasi kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan Rabithah Jember. Ia meminta keberadaan gedung sebagai pusat kegiatan akan menambah semangat kerja serta lebih aktif berkegiatan di masyarakat.

Sementara itu Sekretaris Rabithah Jember, Hamid Alhamid mengungkapkan, DPC Rabithah Jember setelah puluhan tahun berkantor di rumah pengurus, kini akan memiliki gedung sendiri.

“Kami berterima kasih atas wakaf tanah dari keluarga besar Habib Hasan Alkaff, di tanah ini akan kami bangun gedung yang Insya Allah bermanfaat bagi peningkatan keimanan dan sumber daya manusia,” terangnya.

Hamid menjelaskan, selain ada ruang kantor, gedung itu difokuskan pada kegiatan- kegiatan keagamaan dan peningkatan kompetensi SDM, seperti pengajian, kajian agama, TPQ dan pelatihan-pelatihan peningkatan ketrampilan.

Hamid melanjutkan, sesuai RAB, proyek pembangunan gedung dua lantai itu membutuhkan dana 602 juta rupiah. Saat ini pada tahap penggarapan Beton Dak untuk lantai 2.

“Seluruh pembiayaan proyek pembangunan dari donasi, kami membuka ruang dan peranserta pribadi atau instansi untuk pembangunan gedung ini,” pungkas Hamid. (sal)

 

Sumber: Jember Post